Panit Lantas Polsek Ngampilan Polresta Yogyakarta, Ipda Suharyanto, Panit Binmas Aiptu Suyono, dan Brigadir Novi Staf Unit Lalu Lintas Polsek Ngampilan, melakukan talksow di Radio Sonora di Jalan Suroto No. 4, Kota Baru Yogyakarta, pada Jumat, 7 Juli 2023. Talksow tersebut membahas tentang keamanan dan mensosialisasikan Operasi Patuh Progo 2023.

Dalam talksow, Panit Lantas mensosialisasikan Operasi Patuh Progo 2023 akan digelar selama 14 hari, 10-23 Juli 2023, di seluruh wilayah Indonesia termasuk DIY. Operasi ini akan menerapkan tindakan preemtif, preventif, dan penegakan hukum, dengan konsep 20% preemtif, 20% preventif, dan 60% penegakan hukum. Tujuan operasi ini adalah untuk mengurangi pelanggaran dan kecelakaan lalulintas serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalulintas.

Pelanggaran yang bakal ditindak, kata Panit Lantas, seperti melawan arus, bermotor lebih dari dua orang, termasuk muatan motor yang berlebih, anak di bawah umur mengendarai motor.

“Tidak memiliki SIM, tidak menggunakan helm standar dan kelengkapan lainya kemudian pelanggaran lain yang menimbulkan kecelakaan fatal, itu kita tindak,” Tegas Panit Lantas.

Ia berharap saat berlangsung operasi tersebut atau sesudahnya, masyarakat bisa tertib berlalu lintas, baik kelengkapan kendaraan, surat-surat kendaraan, maupun mematuhi rambu lalu lintas.

Kami mengimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi setiap peraturan dalam berlalu lintas. Kemudian selalu mengutamakan keselamatan dalam berkendara, baik keselamatan diri sendiri maupun orang lain,” pungkasnya.

Sedangkan Panit Binmas Aiptu Suyono menyampaikan bahwa di wilayah Ngampilan terdapat dua kelurahan, yaitu Ngampilan dan Notoprajan. Setiap kelurahan diampu oleh seorang Bhabinkamtibmas, yaitu Aipda Harisdi untuk Kelurahan Ngampilan dan Aipda Apco Tri Nurhartanto, Amd. untuk Kelurahan Notoprajan.

Bhabinkamtibmas memiliki tugas meliputi kunjungan ke masyarakat, pemeliharaan hubungan silaturahmi, penyebarluasan informasi, pengamanan lingkungan, pelayanan kepolisian, penggerakan kegiatan masyarakat positif, koordinasi dengan perangkat desa/kelurahan, konsultasi dan mediasi, serta deteksi dini tindak pidana.

Polsek Ngampilan juga memiliki program Kamis Sodakoh yang bertujuan membantu warga yang membutuhkan, dengan kerjasama antara Bhabinkamtibmas dan masyarakat setempat.

Kegiatan talksow diakhiri dengan dialog interaktif antara petugas kepolisian dengan pendengar radio melalui telepon, SMS, dan WhatsApp. Personel polisi juga menerima kritik dan saran dari pendengar dan masyarakat guna meningkatkan kemajuan institusi Polri, terutama Polsek Ngampilan dan Polresta Yogyakarta secara keseluruhan. (Humas polsek Ngampilan)
 

Post a Comment

Previous Post Next Post