Setelah selesai mengunjungi pendopo tamansiswa, Kapolda D.I Yogyakarta Irjen Pol. Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H. beserta rombongan beramah tamah dengan Tokoh Masyarakat Kemantren Mergangsan di Kafe OASE Jalan Tamansiswa Wirogunan Mergangsan Kota Yogyakarta, Senin Siang, 5 juni 2023.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Saiful Anwar, S.Sos., S.I.K., M.H., PJ Walikota Yogyakarta Singgih Raharjo, S.H., M.Ed., Kapolsek Mergangsan Kompol Sigit Ariyanto Adi, S.ST., M.M., PJU Jajaran Polda D.I Yogyakarta, Forkopimtren Mergangsan, Tokoh Masyarakat Kelurahan Wirogunan, Ketua PSHT Ranting Kemantren Mergangsan, Perwakilan Pelaku Usaha Kelurahan Wirogunan Henri Kuncoro Yekti, Perwakilan Pengacara Kemantren Mergangsan Najib dan lain lainya.

Dalam pertemuan tersebut, Kapolda DIY memperkenalkan diri kepada para hadirin dan menyampaikan permohonan maaf atas situasi yang tidak kondusif akibat bentrokan antara kelompok PSHT dan Brajamusti beberapa waktu lalu. Ia menjelaskan bahwa situasi kini sudah kembali aman, namun mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk tetap menjaga keamanan Kota Yogyakarta dengan menahan diri dari tindakan yang dapat memicu ketegangan.

Kapolda juga menyayangkan kejadian di Taman Siswa Mergangsan dan perselisihan yang terjadi di Vila Randu Parangtritis pada 28 Mei 2023. Ia menekankan bahwa kepolisian telah menindaklanjuti kejadian tersebut sesuai dengan proses hukum yang berlaku.

Selain itu, Kapolda DIY mengajak seluruh elemen masyarakat untuk tidak terprovokasi oleh berita di media sosial yang seringkali tidak akurat. Ia menyampaikan bahwa telah dilakukan mediasi antara pihak Brajamusti dan PSHT di Polda DIY, dengan kesepakatan untuk menyesali peristiwa tersebut dan berkomitmen untuk mencegah terulangnya kejadian serupa di masa depan.

Selama pertemuan, Kapolda DIY menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua yang hadir, serta mengajak semua tokoh masyarakat untuk bersama-sama menjadikan Kota Yogyakarta sebagai kota wisata yang aman dan nyaman.

Kapolda juga menyampaikan bahwa Polri akan terus berupaya menjaga transparansi dan melakukan evaluasi guna menjaga ketertiban, keamanan, dan keteraturan di Kota Yogyakarta. (Humas Polresta Yogyakarta)
 

Post a Comment

Previous Post Next Post