Minggu, 9 Juli 2023, Unit Reskrim dan Unit Binmas Polsek Gedongtengen Polresta Yogyakarta mengamankan seorang pengemis di Jalan Pasar Kembang Yogyakarta. Pengemis tersebut berinisial AGP (50) warga Banguntapan Bantul, seringkali memanfaatkan kedermawanan orang-orang dengan berpura-pura sebagai orang lumpuh di pinggir trotoar.

Kasi Humas Polsek Gedongtengen Aiptu Purwanto menjelaskan bahwa pengemis ini berhasil diamankan berkat laporan dari seorang warga setempat yang memiliki rekaman CCTV yang membuktikan aktivitasnya.

Dalam rekaman tersebut terlihat AGP berjalan kaki menuju lokasi kemudian duduk dan mengemis dengan gaya pura pura lumpuh. Pada siang harinya, seorang datang dengan sepeda motor untuk menjemputnya. Tampak AGP berdiri dan berlari menuju sepeda motor tersebut sebelum pergi dari lokasi. Menurut warga sekitar kerap kali menjumpainya berpura-pura lumpuh demi mendapatkan belas kasihan.

Setelah mendapatkan laporan dan bukti yang jelas, petugas segera mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan berhasil mengamankan AGP ketika ia sedang meminta belas kasihan kepada para pejalan kaki. Saat ini, AGP telah berada di Mapolsek Gedongtengen untuk didata dan diperiksa lebih lanjut oleh petugas.

Aiptu Purwanto Dalam interogasi di depan petugas, AGP mengaku berusia 50 tahun dan merupakan warga Banguntapan, Bantul. Ia juga mengakui bahwa perbuatannya berpura-pura lumpuh hanya untuk mendapatkan uang sebagai belas kasihan. Namun, AGP kemudian diberikan pembinaan oleh petugas serta diminta untuk membuat surat pernyataan agar tidak mengulangi perbuatannya di masa mendatang.

Aiptu Purwanto berharap masyarakat dapat lebih waspada terhadap pengemis yang memanfaatkan belas kasihan demi kepentingan pribadi. (Humas Polsek Gedongtengen)
 

Post a Comment

Previous Post Next Post